Papua Barat Inginkan Jatah Hak Kelola di Proyek Tangguh

Anggita Rezki Amelia
11 Juli 2016, 12:22
LNG-Tangguh-Katadata-SKK-Migas.jpg
KATADATA/

Pemerintah Provinsi Papua Barat menginginkan hak kelola di Proyek Tangguh yang terletak di Teluk Bintuni. Tujuannya agar pengelolaan dan pemanfaatan hasil kekayaan alam di Bumi Cendrawasih tersebut dapat meningkatkan ekonomi daerah.

Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy berharap pemerintah pusat bersedia merestui keinginan tersebut. “Pemerintah pusat berikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk memperoleh participating interest atau hak kelola sesuai dengan aturan yang ada,” kata dia saat konferensi pers mengenai persetujuan keputusan akhir investasi Kilang 3 Tangguh, pekan lalu. (Baca: Putusan Final Investasi Tercapai, Kilang 3 Tangguh Siap Dibangun)

BP Berau Ltd tengah menggarap megaproyek pembangunan kilang gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) di Teluk Bintuni, Papua Barat. Fasilitas kilang itu untuk menampung gas alam yang berasal dari beberapa blok migas di sekitar Teluk Bintuni, seperti Blok Berau, Blok Wiriagar dan Blok Muturi.

Tangguh kini dioperasikan oleh BP Berau dengan hak pengelolaan sebanyak 37,16 persen. Selain BP Berau, ada beberapa mitra lain yakni MI Berau B.V. 16,3 persen, CNOOC Muturi Ltd. 13,90 persen, Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd. 12,23 persen, KG Berau Petroleum Ltd 8,56 persen, KG Wiriagar Overseas Ltd. 1,44 persen, Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc. 7,35 persen dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd. 3,06 persen.

Saat ini, Tangguh beroperasi sesuai kapasitas terpasangnya, dan pekerjaan sedang berlangsung untuk mengembangkan Tangguh dengan penambahan satu kilang LNG baru atau Train 3. Train ini baru saja mendapat persetujuan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk keputusan akhir investasi. Nilai investasinya mencapai US$ 8 miliar. (Baca: Gara-Gara Harga Minyak, Investasi Kilang Tangguh Ikut Menyusut)

Irene mengatakan, setelah keputusan tersebut maka proyek LNG Tangguh dapat direalisasikan sesuai dengan rencana yang sudah disepakati dalam dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL).  Pembangunan Train 3 ini juga harus memperhatikan keberpihakan guna meningkatkan harkat dan martabat orang asli Papua. “Makanya masyarakat diberikan kesempatan yang memadai,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...