IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Global Akibat Brexit

Maria Yuniar Ardhiati
20 Juli 2016, 18:28
Pertumbuhan Ekonomi
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung-gedung perkantoran di Jakarta.

Dana Moneter Internasional, International Monetary Fund (IMF), kembali memangkas proyeksinya atas pertumbuhan ekonomi global tahun ini. Yang menjadi penyebab adalah keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa yang dikenal sebagai Britain Exit (Brexit).

Langkah Inggris tersebut telah menimbulkan gelombang ketidakpastian terhadap sektor bisnis yang memang sedang rentan. Selain itu, kepercayaan konsumen pun merosot. (Ekonografik: Dipangkas Lagi, Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global)

Advertisement

“Dampak nyata Brexit akan terlihat secara bertahap, dan makin menyebabkan ketidakpastian untuk perekonomian serta politik,” kata Kepala Ekonom dan Konselor Ekonomi IMF, Maurice Obstfeld melalui keterangan resminya, Selasa, 19 Juli 2016.

Perekonomian dunia diperkirakan tumbuh 3,1 persen tahun ini serta 2,4 persen pada 2017 berdasarkan catatan IMF. Angka prediksi tersebut turun 0,1 persen untuk tahun ini dan tahun depan, dibandingkan proyeksi pada April lalu yang dimuat dalam World Economic Outlook.

IMF juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Inggris merosot 0,2 persen tahun ini menjadi 1,7 persen. Sementara itu untuk 2017, pertumbuhannya diprediksi melambat hingga 1,3 perse atau turun 0,9 persen dari proyeksi sebelumnya.

Berbeda dari perekonomian dunia dan Inggris, IMF memperkirakan pertumbuhan di zona Eropa naik 0,1 persen dari prediksi terdahulu menjadi 1,6 persen. Namun pada 2017, pertumbuhan diyakini melemah 0,2 persen menjadi 1,4 persen. (Baca: Lembaga Keuangan Dunia Ramai-ramai Pangkas Pertumbuhan Ekonomi).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement