Pertamina Bersiap Akuisisi Perusahaan Migas Beraset di Afrika

Anggita Rezki Amelia
25 Juli 2016, 19:44
pertamina
Donang Wahyu|KATADATA

PT Pertamina (Persero) tengah mempersiapkan proses akuisisi perusahaan minyak dan gas bumi (migas) yang memiliki aset di Afrika. Langkah ini sejalan dengan strategi Pertamina memperbesar aset melalui aksi akuisisi. 

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam menjelaskan, pihaknya memiliki strategi dua level akuisisi. Pertama, akuisisi pada di level aset, seperti rencana akuisisi blok migas di Iran. Kedua, akuisisi pada level perusahaannya. Jika mengakusisi perusahaan, maka Pertamina bisa sekaligus menguasai asetnya. (Baca: Pertamina EP Cari Cadangan Migas Baru di Tuban)

Advertisement

Strategi akuisisi kedua, yaitu pada level perusahaan inilah yang tengah dipersiapkan Pertamina. Syamsu mengatakan, rencana akuisisi tersebut sedang menunggu persetujuan pemegang saham.

Namun, dia masih enggan mengungkapkan identitas perusahaan tersebut. Ia hanya bilang, perusahaan itu bukan sekelas perusahaan nasional, bahkan memiliki aset di Afrika. ”Mudah-mudahan dapat segera dilakukan kesepakatan,” kata dia kepada Katadata, Senin (25/7).

Di tempat terpisah, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto tidak membantah informasi itu. Tapi, dia belum mau berkomentar. Alasannya, sudah ada kesepakatan perjanjian kerahasiaan dengan perusahaan tersebut. “Mudah-mudahan sukses,” kata dia seusai menghadiri kongres Teknologi Nasional di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta. 

Saat ini, Pertamina sedang gencar melirik aset-aset migas di luar negeri. Bahkan, Dwi pernah mengatakan, Pertamina menyiapkan dana sekitar US$ 1,5 miliar setiap tahun untuk investasi hulu migas di luar negeri. Penambahan aset migas di luar negeri tersebut diharapkan dapat meningkatkan portofolio migas Pertamina di luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement