Saka dan BP Segera Tuntaskan Jual-Beli Hak Kelola Blok Sanga-Sanga

Arnold Sirait
3 Agustus 2016, 19:46
Saka Energi AK
Katadata | Arief Kamaludin

PT Saka Energi Internasional akan segera merampungkan proses pembelian hak kelola BP di Blok Sanga-Sanga, Kalimantan Timur. Pekan depan, dikabarkan transaksi jual-beli hak kelola blok minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur itu bakal ditandatangani.

Informasi yang diperoleh Katadata, penandatanganan itu akan berlangsung di Singapura, 10 Agustus mendatang. Nilainya pembelian hak kelola itu mencapai lebih dari US$ 100 juta. Bahkan, jika anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk itu berhasil mendapatkan perpanjangan kontrak pengelolaan Blok Sanga-Sanga, akan ada bonus yang dibayarkan kepada BP.

Kontrak pengelolaan Blok Sanga-Sanga memang akan habis tahun 2018. BP East Kalimantan memiliki hak kelola sebesar 26,25 persen. Sisanya dimiliki oleh Virginia Indonesia Co LLC (7,5 persen), OPICOIL Houston Inc (20 persen), Universe Gas & Oil Company (4,37 persen), Virginia International Co LLC (15,63 persen).

(Baca: Nasib Blok Sanga-Sanga Rampung Tahun Ini)

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengaku belum mengetahui transaksi penjualan hak kelola BP atas Blok Sanga-Sanga kepada Saka Energi. “Intinya kalau jual-beli itu ke SKK Migas dahulu. Setelah itu dilaporkan ke Ditjen Migas. Due dilligence-nya ada di SKK Migas, karena ini dalam kontrak,” kata dia kepada Katadata di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (3/8).

Namun, Kepala Bagian Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus juga mengaku tidak mengetahui transaksi tersebut. “Mereka (Saka) belum meminta akses buka ruang data kepada SKK Migas. Jadi saya tidak tahu itu,” ujar dia.

(Baca: Akhir Juli, Pertamina Bisa Akses Data Blok Migas di Iran)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...