Luhut Minta Freeport Bangun Jalan ke Puncak Papua

Miftah Ardhian
5 Agustus 2016, 18:21
Freeport_ptfi.jpg
KATADATA |

Pemerintah ingin membangun infrastruktur di Provinsi Papua. Salah satu caranya, menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, melibatkan perusahaan yang beroperasi di sana, yaitu PT Freeport Indonesia.

Saat menerima kunjungan Gubernur Papua Lukas Enembe, di kantor Kemenko Kemaritiman, Jumat (5/8), Luhut membahas persiapan rencana kunjungannya ke Papua pada pekan depan. Dalam pertemuan itu, mereka membahas juga perkembangan pembangunan infrastruktur di provinsi tersebut.

Untuk itu, Luhut dan Lukas mendesak Freeport untuk turut membangun infrastruktur di wilayah Papua. "Jadi itu dia (Lukas) menceritakan masalah mahasiswa di Yogyakarta, mengenai saya mau ke Papua minggu depan, kemudian pembangunan boarding school. Lalu, terutama mengenai (pembangunan) jalan dari Freeport ke Puncak," ujar Luhut seusai pertemuan tersebut.

(Baca: Luhut Peringatkan Freeport Agar Tak Mendesak Perpanjangan Kontrak)

Setelah berdiskusi dengan Lukas, Luhut menyadari pentingnya pembangunan jalan di daerah Kabupaten Puncak. Alasannya, kehidupan penduduk di daerah tersebut masih sangat sulit terjangkau. Penduduk Puncak Papua pun sangat kesulitan mendapatkan akses makanan.

Karena itulah, Luhut dan Gubernur Papua akan segera mendorong Freeport untuk melakukan pembangunan jalan itu. Kebetulan, kawasan penambangan Freeport juga mencakup Kabupaten Puncak.

Luhut pun memastikan, dana untuk pembangunan jalan akan diambil dari Freeport. Begitu pula proses pembangunan jalannya akan dilakukan oleh perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut. 

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...