Bahas Tax Amnesty, Jokowi Makan Malam dengan Konglomerat di Istana

Safrezi Fitra
22 September 2016, 20:34
Tax Amnesty
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo mengundang para pengusaha besar nasional untuk makan malam di Istana Negara, Kamis (22/9). Sembari menyantap makanan, mereka membahas program pengampunan pajak (tax amnesty) periode pertama yang akan habis masa berlakunya akhir bulan ini.

Sejumlah pengusaha yang hadir di antaranya pemilik Grup Bakrie Aburizal Bakrie, pemilik Grup Medco Arifin Panigoro, dan Bos Indofood Franciscus Weilirang. Ketiganya kompak menjawab hanya diundang makan malam oleh Jokowi.

(Baca: Langkah Ditjen Pajak Kejar Wajib Pajak Besar Ikut Tax Amnesty)

Pengusaha lain yang tampak hadir dalam acara makan malam tersebut adalah pemilik Grup Media Surya Paloh, Erwin Aksa dari Bosowa dan Franky Widjaja dari Sinarmas. Kemudian Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani.

"Yang mengundang Menteri Keuangan, mungkin soal itu (tax amnesty)," kata Oesman Sapta Odang, yang datang menghadiri undangan tersebut di Istana Merdeka, Jakarta (22/9). (Baca: Bertemu Pengusaha, Jokowi Isyaratkan Perpanjang Masa Tax Amnesty)

Para undangan tidak ada yang berani memastikan apa agenda dan isu yang akan dibahas bersama Presiden Jokowi. Bahkan, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi pun bungkam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...