Sri Mulyani: Belum Ada Ambisi Reformasi Seperti Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
22 September 2016, 15:59
Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan terkesan dengan reformasi struktural di bidang ekonomi yang sedang dilakukan pemerintah. Menurut mantan Managing Director Bank Dunia itu, belum ada negara lain yang seambisius Indonesia dalam soal serupa.

"Sejak saya masih di World Bank, jujur saya belum pernah lihat ambisi reformasi seperti ini di negara lain," kata Sri dalam seminar Challenges to Global Economy yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Kamis, 22 September 2016. (Baca: Pemerintah Sinkronkan Ribuan Perda Perdagangan dan Investasi).

Ambisi pemerintah tersebut, kata Sri Mulyani, tampak dari penerbitan 13 paket kebijakan ekonomi. Dan bagusnya, kebijakan-kebijakan tersebut keluar pada saat kondisi ekonomi domestik terhitung normal, bukan saat krisis.

Semua langkah pembenahan tersebut, ditambah kebijakan pengampunan pajak alias tax amnesty membuktikan keseriusan pemerintah dalam menarik modal masuk dan membangun sektor riil. "Pemerintah serius untuk membuktikan bahwa Indonesia adalah tempat untuk berbisnis," katanya.

Kebijakan-kebijakan yang telah diambil pemerintah dinilai penting. Lebih-lebih, hal itu dilakukan dalam kondisi banyak negara masih mengalami perlambatan ekonomi akibat mengandalkan komoditas yang harganya sedang jatuh. (Baca juga: Jokowi Akan Hapus Semua Aturan Menteri yang Menghambat Investasi).

Saat ini, pemerintah telah mengeluarkan 13 paket kebijakan. Paket kebijakan ke-13 diluncurkan pada akhir Agustus lalu. Isinya tentang kemudahan perizinan pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...