Aneka Gas Industri Resmi Masuk Bursa Saham

Anggita Rezki Amelia
28 September 2016, 15:01
Blok migas
Katadata

PT Aneka Gas Industri hari ini resmi melakukan penawaran saham perdana alias Initial Public Offering (IPO) ke publik melalui. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), kode emitennya AGII. Perusahaan yang menjual berbagai jenis gas untuk industri itu melepas 25 persen saham. 

Wakil Presiden Direktur AGII Rachmat Harsono mengklaim AGII merupakan satu-satunya perusahaan gas industri independen di Asia Tenggara yang menjual sahamnya di publik selama lima tahun terakhir.  Dari catatan BEI, AGII merupakan emiten ke 535 dan emiten ke 14 tahun ini. (Lihat juga: KPPU Periksa Praktik Monopoli Gas di Sumatera Utara).

AGII melepas sebanyak 766.660.000 lembar saham ke pasar modal dengan harga penawaran Rp 1.100 per lembar.  Sejak dibuka pada pukul 09.00 WIB, penawaran harga saham AGII terus naik. Angkanya sempat menyentuh Rp 1.170 per lembar saham. 

Dengan penawaran tersebut, AGII menargetkan dapat meraup sekitar Rp 843 miliar . Dari jumlah tersebut, 40 persennya untuk belanja modal, 40 persen lagi untuk pembayaran pinjaman perseroan, dan sisanya untuk memenuhi biaya kerja perseroan.

AGII merupakan perusahaan gas industri pertama yang dimiliki pemerintahan Belanda. Perseroan ini pernah berganti menjadi BUMN pada 1971. Namun pada 1998, pemerintah Indonesia menjualnya kepada perusahaan asing. Kini, AGII merupakan perusahaan nasional di bawah naungan Samator Group milik Keluarga Harsono.

Perusahaan ini menjual gas udara seperti oksigen, nitrogen, dan argon. Selain itu, mereka melego gas campuran, gas sintetis, gas khusus, dan bahan bakar gas. Rachmat mengatakan perusahaannya telah memiliki 44 pabrik dan lebih dari 80 stasiun pengisian gas (filling stations) yang tersebar di 22 provinsi.

"Kami di Indonesia itu paling besar. Persaingan kami sama perusahaaan multinasional seperti dari perusahaan Prancis dan Jerman," kata Rachmat saat IPO di BEI, Rabu, 28 September 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...