Deklarasi 20 Persen dari PDB, Tax Amnesty Indonesia Cetak Rekor

Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati - Martha Ruth Thertina
29 September 2016, 12:56
Tax Amnesty
Arief Kamaludin|KATADATA
Acara sosialisasi tax amnesty di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 1 Agustus 2016, dihadiri sekitar 10 ribu pengunjung.

Periode pertama program pengampunan pajak atau amnesti pajak (tax amnesty) akan berakhir Jumat besok (30/9). Meski masih ada enam bulan tersisa, program amnesti pajak di Indonesia ini sudah mencetak rekor dan dinilai mengungguli negara-negara lain yang pernah melaksanakan program serupa.

Mengacu pada data Center For Indonesia Taxation Analysis, program amnesti pajak di Indonesia mencetak rasio tertinggi dalam pengungkapan (deklarasi) harta terhadap produk domestik bruto (PDB). Per Rabu (28/9), nilai deklarasi harta mencapai Rp 2.514 triliun atau menembus 20 persen terhadap PDB.

Rasio tersebut lebih tinggi dibandingkan Chili yang pernah mencatat rekor deklarasi kurang dari Rp 500 triliun. Jumlah ini hampir setara dengan 10 persen terhadap PDB negara tersebut, saat melaksanakan amnesti pajak tahun lalu. (Duit Tebusan Tax Amnesty Lampaui Banyak Prediksi)

Indonesia juga mencatat prestasi dalam soal penerimaan negara dari duit tebusan tax amnesty, meski secara rasio terhadap PDB belum yang tertinggi di dunia. Hingga kemarin, perolehan duit tebusan termasuk pembayaran tunggakan dan bukti permulaan mencapai Rp 81,1 triliun. Jumlahnya setara dengan sekitar 1 persen terhadap PDB.

Sementara ini, pencapaian tersebut masih kalah dari Kazakhstan yang dana tebusannya sekitar 2,5 persen terhadap PDB pada 2011. Namun, Indonesia sudah berhasil mengungguli sejumlah negara yang pernah menjalankan program amnesti pajak.

Deklarasi Tax Amnesty

Antara lain Irlandia (1993), India (1997), Afrika Selatan (2003), Jerman (2004), Portugal (2005), dan Belgia (2006). Selain itu, Italia (2001 dan 2009), Spanyol (2012), Australia (2014), dan Chili (2015). Berbagai negara itu hanya meraup penerimaan tebusan tax amnesty kurang satu persen terhadap PDB masing-masing negara tersebut.

Meski sudah mencatat rekor, pencapaian tax amnesty Indonesia masih di bawah target pemerintah, yaitu deklarasi harta sebesar Rp 4.000 triliun dan penerimaan tebusan Rp 165 triliun untuk anggaran negara 2016. Selain itu, ada target repatriasi dana sebesar Rp 1.000 triliun, yang realisasinya sampai sekarang baru sekitar Rp 128 triliun. Target-target ini masih bisa dikejar pada sisa enam bulan program tax amnesty.

(Baca juga: Banjir Dana Repatriasi, Rupiah Tembus Level 12 Ribuan per Dolar)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...