Pembiayaan Rumah Tahun Depan Bertambah Jadi Rp 15,6 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2016, 18:37
Perumahan
Agung Samosir|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan kenaikan alokasi anggaran pembiayaan perumahan pada tahun depan. Tujuannya untuk pengadaan ratusan ribu unit tempat tinggal bagi masyarakat, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus mengatakan, alokasi pembiayaan perumahan akan naik menjadi Rp 15,6 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017. Kenaikan alokasi itu pada beberapa sumber pembiayaan, di antaranya Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) menjadi Rp 9,7 triliun.

Advertisement

Selain itu, anggaran Subsidi Selisih Bunga (SSB) naik dari Rp 2,2 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 menjadi Rp 3,7 triliun tahun depan. Sedangkan anggaran bantuan uang muka akan naik dari Rp 1,2 triliun tahun ini menjadi Rp 2,2 triliun. "Memang masih indikatif tapi terjadi peningkatan," kata Maurin saat konferensi pers di kantor Kementerian PUPR, Senin (3/10).

(Baca: SMF Yakin Akan Terus Dapat Tambahan Modal Negara)

Untuk menunjang pembangunan program sejuta rumah ini maka Kementerian PUPR juga merancang program bantuan pembiayaan berdasarkan tabungan dengan rentang waktu uang muka enam bulan hingga setahun. Pemerintah nantinya akan memberikan bantuan 20 persen dari harga rumah dengan pinjaman yang terhitung rendah. "Kami targetkan program ini dimulai tahun depan," kata Maurin.

Kementerian PUPR merencanakan pembiayaan ratusan ribu unit tempat tinggal pada tahun depan. Jumlah itu terdiri dari rumah swadaya sebanyak 109.500 unit, dan 11.400 unit rumah susun bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Lalu, ada pula rumah khusus di perbatasan dan penanganan pasca bencana sebanyak 1.900 unit.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement