Tarif Tol Bandara Soekarno-Hatta Naik Pekan Depan

Ameidyo Daud Nasution
7 Oktober 2016, 13:37
Gardu Tol Otomatis
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan tarif satu ruas jalan tol, yakni ruas Ir. Sedyatmo atau tol Bandara, akan naik Rp 1.000 hingga 1.500. Kenaikan ini pada tanggal 12 Oktober mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan kenaikan ini sebagai penyesuaian harga sesuai Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Aturan tersebut membuka peluang penyesuaian tarif setiap dua tahun. (Baca juga: Pemerintah Bahas Utang Tol Pekanbaru dengan AIIB Bulan Depan).

Menurut Herry, Surat Keputusan untuk kenaikan ruas tol Sedyatmo telah diteken oleh Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono. “Satu ruas (tol bandara) itu sudah pasti naik tarifnya,” kata Herry di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat, 7 Oktober 2016.

Tidak hanya ruas tol bandara, Herry juga mengatakan tiga ruas lainnya yang akan menyusul kenaikan tarifnya. Tiga ruas tersebut adalah tol Jakarta - Cikampek, Surabaya - Gresik, dan Mojokerto - Kertosono seksi I. Nominal kenaikannya masih dalam tahap perhitungan. Rencananya, mulai berlaku pada akhir tahun.

(Baca juga: Tol Probolinggo - Banyuwangi Dilelang Bulan Depan).

Tol bandara dan Jakarta - Cikampek saat ini dioperasikan oleh PT Jasa Marga. Sedangkan untuk ruas Mojokerto - Kertosono operatornya adalah PT Marga Harjaya Infrastruktur. Adapun untuk tol Surabaya - Gresik dikelola PT Marga Bumi Matraraya.

Kenaikan ini menyusul 15 ruas jalan tol yang sudah meningkat tarifnya pada tahun lalu. Agar disetujui perubahan tarif tersebut, Menteri Basuki Hadimuljono meminta operator memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) sebelum mengusulkan kenaikan. (Lihat pula: Pemerintah Targetkan Kontrak Pembangunan Tol Aceh Diteken Desember).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...