Petronas Siapkan Rp 650 Miliar untuk Mengebor Dua Sumur di Blok Muriah

Arnold Sirait
10 Oktober 2016, 19:30
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Petronas Carigali Muriah Ltd berencana mengebor dua sumur di Lapangan Kepodang, Blok Muriah. Untuk mengebor dua sumur tersebut, perusahaan asal Malaysia ini siap untuk mengucurkan dana US$ 50 juta atau sekitar Rp 650 miliar, dengan asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat Rp 13.000 per US$.

Presiden Carigali Muriah Ltd Mohamad Zaini mengatakan pengeboran akan dilakukan dalam waktu dekat. “Akhir Oktober jalan pengeboran. Selesai akhir tahun,” kata dia saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat (10/10). (Baca: SKK Migas Pesimistis Pengeboran 151 Sumur Eksplorasi Tercapai)

Jika pengeboran tersebut berjalan lancar, maka produksi akan bisa dirasakan tahun depan. Petronas berharap produksi gasnya di tahun depan bisa meningkat menjadi 115 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dari 85 MMSCFD pada tahun ini.

Nantinya gas dari Lapangan tersebut akan dialokasikan untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Kapasitas pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) PLN memiliki kapasitas cukup besar, yakni 2.200 megawatt (MW), sehingga membutuhkan banyak gas.

Terkait dengan transaksi ini, Petronas dan PLN sudah menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) untuk PLTGU Tambak Lorok sejak 2012. Kontrak pembelian gas dari Petronas berlaku hingga 2026 mendatang.

Selain di Blok Muriah, Petronas juga akan mengembangkan Blok Ketapang fase-2. Zaini mengatakan pihaknya sudah mengajukan rencana pengembangan lapangan tersebut dan masih menunggu persetujuan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). (Baca: Produksi Minyak Lapangan Bukit Tua Meningkat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...