Sri Mulyani: Penguatan Rupiah Bisa Tarik Banyak Dana Repatriasi

Desy Setyowati
15 Oktober 2016, 09:00
Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Sejak berjalannya program pengampunan pajak (tax amnesty), mata uang rupiah telah menguat dari posisi 13.600 ke level 13.000 per dolar Amerika Serikat (AS). Menteri Keuangan Sri Mulyani optimistis, tren penguatan rupiah itu akan lebih memotivasi para wajib pajak untuk membawa pulang hartanya ke Tanah Air (repatriasi).

Alasannya, imbal hasil (return) yang diterima wajib pajak ketika menginvestasikan dananya ke berbagai instrumen investasi dalam negeri akan meningkat seiring penguatan rupiah. Di sisi lain, peluang bagi wajib pajak mengkonversi kembali dananya ke dalam bentuk dolar AS juga akan berkurang karena dapat menggerus nilai aset atau hartanya.

"Seharusnya itu (penguatan rupiah) jadi salah satu poin positif untuk mereka yang ingin membawa uang ke dalam negeri, baik investasi ke surat utang atau (instrumen investasi) yang lain," kata Sri Mulyani saat konferensi pers terkait program pengampunan pajak tahap kedua di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (14/10).

(Baca: Banjir Dana Repatriasi, Rupiah Tembus Level 12 Ribuan per Dolar)

Di sisi lain, dia menepis kekhawatiran kalangan perbankan terhadap risiko kerugian akibat selisih kurs bila dana repatriasi dalam mata uang asing, seperti dolar AS, dikonversi ke rupiah. Saat ini, pemerintah tengah mengkaji solusinya dan tidak akan menyalahkan perbankan sebagai pintu masuk (gateaway) dana amnesti pajak.

"Mereka (bank) tidak perlu khawatir, kalau kurs menguat bukan mereka yang disalahkan. Saya tidak melihat itu sebagai alasan yang berpotensi mengurangi minat repatriasi," ujar Sri Mulyani.

Sebelumnya Direktur Utama Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, perbankan tidak mau menanggung kerugian selisih kurs dari konversi dana repatriasi. Risiko kerugian kurs muncul lantaran Ditjen Pajak menggunakan acuan kurs tanggal 31 Desember 2015 untuk memperhitungkan besaran tebusan dari dana repatriasi yang masuk.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...