Dua Tahun Pemerintahan Jokowi, Luhut Sebut Ekonomi Membaik

Safrezi Fitra
21 Oktober 2016, 14:34
Luhut
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan secara umum pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah cukup baik. Perlambatan yang sudah terjadi sejak 2012 hingga memasuki masa pemerintahan sekarang sidah bisa diatasi dan kembali naik sejak tiga kuartal terakhir.

"Dua tahun pemerintahan, saya kira sangat baik. Pada kuartal II 5,18 persen menurut hemat saya sangat baik. Karena sejak 2012 ekonomi sudah menurun, sejak harga komoditas menurun," ujar Luhut saat memaparkan Capaian Pemerintahan Jokowi-JK di Bina Graha, Jakarta, Jumat (21/10).

Meski pertumbuhannya belum signifikan, Luhut menilai pencapaian bidang ekonomi pemerintahan Jokowi-JK sangat baik. Kepuasan masyarakat terhadap kinerja cukup baik, terlihat dari survei sejumlah lembaga terhadap popularitas Pemerintahan Jokowi-JK sangat baik. (Baca: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi, Seskab Klaim Rakyat Puas)

Hal yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerataan juga dilakukan melalui penyaluran dana desa sejak tahun lalu. Ada sekitar 74.000 desa yang mendapatkan dana langsung dari pemerintah. Targetnya pemerintah akan menganggarkan dana tersebut sekitar US$ 54 miliar atau sekitar 700 triliun hingga 2019.

“Menurut hemat saya, tahun depan bisa kira-kira enam persen,” ujarnya.

Tingkat ketimpangan pendapatan yang diukur dari rasio gini, juga sudah berhasil diturunkan. Menurut Luhut, selama beberapa tahun terakhir, rasio gini bertahan di angka 0,41. Mulai tahun lalu sudah turun ke angka 0,39. Targetnya pada akhir pemerintahan sekarang, rasio gini akan berada di angka 0,35. (Baca: BI: Pertumbuhan Ekonomi di Batas Bawah)

Luhut juga mengatakan pembangunan infrastruktur dalam pemerintahan saat ini juga berjalan sangat baik. Meski sempat ada hambatan dari segi pembiayaan akibat defisit anggaran, tapi bisa pemerintah bisa mengatasinya.

"Pemerintahan ini ada yang unik. Team work semakin baik antar menteri. Ada beda pendapat biasa tetapi selalu ada solusinya,"

Menurutnya, dua tahun pertama kinerja Presiden Jokowi, pemerintah sudah cepat dalam mengatasi permasalahan yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Kondisi politik dalam periode ini juga dianggap cukup stabil dan aman.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...