Separuh Penduduk Indonesia Pengguna Internet, 65 Persen di Jawa

Miftah Ardhian
24 Oktober 2016, 15:49
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Jumlah pengguna Internet di Indonesia melonjak signifikan dalam dua tahun terakhir hingga mencapai separuh dari jumlah penduduk. Namun, pengguna Internet tersebut masih terkonsentrasi di Jawa dengan porsi 65 persen. 

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat, total pengguna Internet di Indonesia tahun ini telah mencapai sekitar 132,7 juta pengguna atau 51,8 persen dari jumlah 256,2 juta penduduk Indonesia. Jumlah tersebut melonjak 50,8 persen dibandingkan hasil survei APJII sebelumnya pada 2014 yang sebanyak 88 juta pengguna.

Advertisement

Ketua Umum APJII Jamalul Izza menyatakan, Indonesia terus mengalami pertumbuhan penggunaan Internet yang cukup signifikan namun masih belum tinggi. Secara garis besar, pengguna Internet di Indonesia masih didominasi penduduk di Pulau Jawa dengan jumlah sebesar 86,3 juta orang atau 65 persen.

(Baca: Selebgram, Buzzer di Media Sosial dan Bisnis Online Akan Dipajaki)

Di luar Jawa, pengguna Internet di Sumatera mencapai 20,7 juta orang atau 15,7 persen, di Sulawesi 8,4 juta orang atau 6,3 persen, dan Kalimantan 7,6 juta orang atau 5,8 persen. Sedangkan pengguna Internet di Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 6,1 juta orang atau 4,7 persen, dan terakhir Maluku dan Papua hanya 3,3 juta orang atau 2,5 persen.

Iza menyatakan, peningkatan penetrasi Internet ke daerah-daerah ditentukan oleh pembangunan infrastruktur jaringannya ke Indonesia bagian timur. "Memang penetrasi ke daerah sudah mulai berjalan dengan proyek Palapa Ring dari pemerintah," katanya dalam konferensi pers hasil survei penetrasi Internet Indonesia di Jakarta, Senin (24/10).

Dari sisi perangkat, mayoritas pengguna Internet di Indonesia, yaitu sekitar 69,9 persen, melalui perangkat bergerak atau mobile gadget. Sedangkan pengguna melalui jaringan Internet rumah sebesar 17,7 juta pengguna atau 13,3 persen, fasilitas kantor 14,9 juta pengguna atau 11,2 persen, dan fasilitas kampus 2,9 juta pengguna atau 2,2 persen.

Adapun, pengakses melalui warung internet (warnet) sebanyak 2,1 juta pengguna atau 1,5 persen, dan internet cafe 1,2 juta pengguna atau 0,9 persen. (Baca: Rambu-Rambu Perusahaan Startup agar Bernapas Panjang)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement