Menteri Rini Tantang BUMN Ciptakan SDM Berkualitas

Miftah Ardhian
27 Oktober 2016, 13:30
Menteri BUMN Rini Soemarno
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberi tantangan kepada semua perusahaan pelat merah untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Dia mendorong agar perusahaan BUMN bisa bersaing di dalam negeri hingga kancah internasional.

Dia mengatakan BUMN dituntut untuk memberikan kontribusi lebih kepada masyarakat. Selain itu, sebagai perusahaan negara, setiap BUMN harus bisa bertahan dan meningkatkan usahanya hingga ratusan tahun. Apalagi di tengah era persaingan sekarang ini.

(Baca: Menteri Rini Copot Wimbo, Danang Jadi Dirut Angkasa Pura I)

Karena itu kesiapan SDM sangat penting untuk keberlangsungan usaha BUMN ke depan. "Oleh karena itu, saya men-challenge, manajemen dari BUMN bagaimana betul-betul bisa mencetak manusia yang handal di masa mendatang," kata Rini dalam acara Forum Human Capital Indonesia (FHCI), di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Kamis (27/10).

Menurutnya bonus demografi bisa menjadi peluang Indonesia memiliki banyak SDM. Namun, jika hal ini tidak dikelola dengan baik, maka hal ini akan berdampak negatif. Apalagi banyak hasil penelitian lembaga internasional yang meenyebutkan bahwa SDM Indonesia masih jauh di bawah negara-negara lain.

(Baca: Tingkatkan Daya Saing, Kementerian BUMN Libatkan Perguruan Tinggi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...