PUPR Usulkan Tiga Ruas Tol Sumatera Masuk Proyek Strategis

Ameidyo Daud Nasution
19 November 2016, 10:00
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan tiga ruas proyek tol tambahan Trans Sumatera masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Tiga ruas tol tersebut adalah Medan–Banda Aceh, Pekanbaru–Padang, serta Tebing Tinggi–Parapat.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna saat pemaparan di kantornya, Jakarta, Jumat (18/11). Dia mengatakan pengajuan tiga ruas tol ini dalam proyek strategis nasional adalah untuk kemudahan dalam pelaksanaan proyeknya.

(Baca: Kemenhub Usulkan 4 Proyek Kereta Masuk Strategis Nasional)

Dengan masuk sebagai proyek strategis nasional, maka ketiga ruas tol ini bisa lebih mudah mendapat dana talangan untuk pembebasan lahan. "Misalnya dana talangan tanah dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), yang hanya eligible (layak) bagi proyek strategis nasional," kata Herry.

Menurut Herry, proyek tambahan Trans Sumatera ini seharusnya bisa masuk ke dalam prioritas melebihi Trans Jawa yang terlebih dahulu berjalan. Dia pun meminta dukungan seluruh pihak, seperti Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) untuk bekerjasama dalam mewujudkan hal ini.

Terlebih lagi pemerintah telah memberikan target waktu proyek Trans Sumatera bisa selesai dalam tiga tahun ke depan. Dengan alasan ini, Kementerian PUPR berharap proyek tiga ruas tol Trans Sumatera ini bisa menjadi prioritas.

(Baca: 70 Kilometer Tol Trans Sumatera Ditargetkan Beroperasi 2017)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...