Demi Satu Harga, 108 Infrastruktur BBM Akan Dibangun

Anggita Rezki Amelia
24 November 2016, 13:13
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah berenca membangun infrastruktur penunjang untuk menjalankan kebijakan satu harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia. Saat ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memetakan lokasi pembangunan infrastruktur yang akan dibangun.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan ada 108 lokasi pembangunan infrastruktur BBM. Infrastruktur ini akan dibangun oleh badan usaha yang diberikan penugasan menjual BBM jenis Solar subsidi dan Premium.

“Misalnya yang diberi penugasan Pertamina, ya dia yang membangun," kata Wiratmaja di Kementerian ESDM, Rabu malam (23/11). (Baca: Pertamina Mulai Terapkan BBM Satu Harga di Tiga Daerah

Adapun infrastruktur yang bisa dibangun oleh penyalur bisa berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau Agen Premium, Minyak Tanah dan Solar (APMS). Pembangunan infrastruktur ini akan dilakukan bertahap hingga 2020. Tahun depan rencananya infrastruktur ini akan dibangun di 22 lokasi. Kemudian pada 2018 akan dibangun di 45 lokasi, 2019 di 29 lokasi dan 2020 sebanyak 12 lokasi.

Di setiap lokasi tersebut nantinya juga akan ditunjuk penyalur BBM jenis penugasan. Dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016, penyalur adalah koperasi, usaha kecil, atau badan usaha swasta nasional yang ditunjuk oleh Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Umum untuk melakukan kegiatan penyaluran BBM.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Setyorini Tri Hutami mengatakan penentuan lokasi pembangunan infrastruktur BBM di tingkat penyalur itu sebagian besar berada di Indonesia Timur serta pulau kecil-kecil. "Dananya Pertamina dan kerja sama Pertamina dengan pengusaha SPBU," kata Rini kepada Katadata, Kamis (24/11). (Baca: Aturan BBM Satu Harga Terbit, Penyalur Dapat Margin Tinggi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...