Kreativitas dan Slogan Kosong, Pejabat Pajak yang Ditangkap KPK

Martha Ruth Thertina
24 November 2016, 08:00
Uang KPK
Arief Kamaludin (Katadata)
Barang bukti uang suap pegawai pajak, yang ditunjukkan dalam konferensi pers KPK di Jakarta, Selasa (22/11).

Nama Handang Soekarno mendadak terkenal lantaran terjaring dalam operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (21/11) lalu. Pejabat di Direktorat Jenderal Pajak tersebut kedapatan menerima suap senilai Rp 1,9 miliar dari seorang pengusaha. Nominal itu adalah uang muka dari total Rp 6 miliar yang dijanjikan sang pengusaha.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku kecewa dengan kejadian tersebut. Ia menyebut para petugas pajak yang terlibat korupsi itu sebagai pengkhianat karena telah menciderai kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan uang negara. 

Advertisement

Jauh sebelum terjerat kasus ini, Handang sebetulnya pernah menyita perhatian publik. Ia pernah muncul dalam pemberitaan di media massa menjelang pemilihan presiden pada Juli 2014.

Handang turut terlibat dalam acara peluncuran iklan layanan masyarakat berjudul “Capres dan Pajak”. Iklan tersebut diproduksi Komunitas Budaya Guntur 49 bekerja sama dengan One Promotion Consultant, kemudian disebarkan melalui jejaring media sosial, termasuk Youtube. Adapun Handang disebut sebagai penggagas sekaligus produser iklan tersebut.  

Dalam iklan berdurasi tiga menit dan lima menitan itu, masyarakat diajak memilih calon presiden dan wakil presiden yang taat hukum dan membayar pajak dengan benar. “Karena Presiden dan Wakil Presiden sebagai pucuk pimpinan di republik ini, maka  membayar pajak dengan benar akan memberikan contoh  yang baik serta menjadi teladan bagi masyarakat dan  bangsanya,” kata Handang ketika itu, seperti dikutip Poskotanews dan media lainnya.

Ajakan tersebut tentu seperti slogan kosong dan jauh panggang dari api, jika melihat kasus yang menimpa Handang sekarang. (Baca juga: KPK Tangkap Pejabat Pajak, Sri Mulyani: Bersihkan Pengkhianat

Selain dua video itu, Handang juga tercatat sebagai produser dalam beberapa video lain yang diproduksi oleh One Promotion Consultant. Bahkan, dia pernah berperan sebagai aktor di dalamnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement