Pertamina Pilih Wika Bangun Dermaga untuk Kilang Balikpapan

Anggita Rezki Amelia
1 Desember 2016, 19:35
Kilang Balikpapan
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pertamina (Persero) akhirnya menetapkan PT Wijaya Karya Tbk (Wika) untuk membangun konstruksi dermaga kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur. Proyek Site Development & New Jetty Construction ini bagian dari pengembangan RDMP RU V Kilang Balikpapan.

Saat penandatanganan kontrak proyek tersebut di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (1/12), Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan, pemilihan Wika merupakan bagian dari sinergi BUMN yang akan memberikan manfaat optimal bagi negara. Harapannya, Wika dapat melaksanakan proyek ini dengan aman, tepat waktu, tepat anggaran, dan tepat kualitas.

“Jadi dapat on-time mendukung pembangunan secara fisik proyek RDMP RU V Balikpapan,” kata dia saat penandatangan kontrak bersama Direktur Operasi II Wika Bambang Pramujo dan disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto. Proyek ini ditargetkan tuntas dalam 12 bulan terhitung sejak penandatanganan kontrak.

(Baca: Pertamina Kesulitan Mendanai Kilang Balongan)

Sedangkan Bambang mengatakan, nilai kontrak proyek tersebut mencapai Rp 552 miliar. Menurut dia, Wika selama ini banyak menggarap proyek Pertamina. "Jadi kami sudah memahami bagaimana tata kerja dan tata proyek yang baik menggunakan semua prosedur dan persyaratan yang dilakukan Pertamina," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...