Mulai 2017, Ponsel Buatan Awal 2010-an Tak Bisa Pakai WhatsApp

Maria Yuniar Ardhiati
5 Desember 2016, 10:46
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Para pengguna ponsel pintar (smartphone) perlu segera mengganti perangkat lamanya jika masih ingin menggunakan aplikasi pesan WhatsApp. Sebab, perusahaan milik Facebook tersebut memutuskan layanannya tidak bisa lagi digunakan ponsel dan sistem operasi lama per awal 2017. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas WhatsApp kepada penggunanya.

“Kami ingin fokus pada platform mobile yang kebanyakan dipakai pengguna untuk tujuh tahun ke depan,” tulis manajemen WhatsApp dalam blognya seperti dilansir The Telegraph, Jumat (2/12) lalu. (Databoks: WhatsApp, Aplikasi Terbanyak Diblokir Dunia)

WhatsApp menjelaskan, saat aplikasi pesan ini mulai beroperasi pada 2009, tren pengguna ponsel belum seperti sekarang. App Store, toko di dunia maya besutan Apple, ketika itu masih memasuki usia beberapa bulan. Sedangkan sekitar 70 persen ponsel yang terjual saat itu masih menggunakan sistem operasi BlackBerry dan Nokia.

Kini, WhatsApp mengungkapkan, meski telah menjadi bagian penting para penggunanya, ponsel generasi lama tersebut tidak mampu lagi mengoperasikan fitur-fitur baru aplikasi pesan itu di masa mendatang. (Baca: Bagi Data dengan Facebook, WhatsApp Diperingatkan Otoritas Eropa)

Jika ingin tetap menikmati layanan WhatsApp, para pengguna ponsel generasi lama pun harus membeli ponsel keluaran baru. Meski begitu, ada beberapa jenis ponsel lama yang masih bisa menjalankan aplikasi WhatsApp hingga 30 Juni tahun depan.

Berikut ini daftar ponsel, smartphone , serta perangkat lain yang tidak bisa lagi mengoperasikan WhatsApp mulai 2017.

iPhone

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...