April 2019, Tol Layang Jakarta-Cikampek Ditargetkan Beroperasi

Miftah Ardhian
5 Desember 2016, 15:47
Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu
ARIEF KAMALUDDIN | KATADATA
Ilustrasi

Rencana pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek II akan segera terealisasi. Kepastian itu diperoleh dari penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk pembangunan infrastruktur tersebut, Senin (5/12). Targetnya, jalan tol layang itu dapat beroperasi tahun 2019 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan, pembangunan jalan tol layang sepanjang 38,29 kilometer itu dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas di ruas Jakarta - Cikampek. Selain itu, tujuan utamanya memperlancar distribusi untuk mengurangi biaya logistik.

"Setelah penandatanganan ini diharapkan dapat segera dikerjakan agar target penyelesaian selama 24 bulan dapat tercapai, yakni April 2019 untuk Jakarta-Cikampek II," ujar Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (5/12). (Baca: "Kawal" Proyek Tol, Badrodin Haiti Ditunjuk Jadi Komut Waskita)

Namun, Basuki menekankan, perlunya memperhatikan metode kerja dan manajemen pengendalian konstruksi dalam pembangunan proyek ini. Alasannya, pembangunan proyek tersebut berada di antara jalan tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Selain itu, proyek ini bersamaan waktu pembangunannya dengan proyek-proyek infrastruktur lain, seperti kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Jakarta dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desy Arryani menjelaskan, pihaknya sebagai kontraktor telah menggunakan jasa project management. Dengan begitu, pelaksanaan konstruksinya tidak bersinggungan dengan tiga proyek infrastruktur lainnya. Selain itu, meminimalkan gangguan lalu Iintas yang terjadi selama masa konstruksi.

(Baca: PUPR Usulkan Tiga Ruas Tol Sumatera Masuk Proyek Strategis)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...