Jokowi: Pemanfaatan 36,8 Juta Hektare Lahan Pertanian Belum Maksimal

Safrezi Fitra
7 Desember 2016, 09:57
Pertanian
Donang Wahyu|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini terdapat 36,8 juta hektare lahan pertanian di Indonesia. Namun pemanfaatan lahan pertanian ini belum digarap secara maksimal. Kesulitan air dan tidak adanya sistem irigasi menjadi masalah utamanya.

Dari total luas lahan pertanian ini, 8,1 juta hektare lahan persawahan yang lebih dari setengahnya belum bisa berjalan baik. Baru 4,1 juta hektare lahan persawahan yang dialiri irigasi. Itupun masih perlu dilakukan beberapa perbaikan dan normalisasi. Masih ada lagi 4 juta hektare sawah lainnya yang kekurangan air karena tidak ada irigasi. (Baca: Hanya 10,5 Persen Sawah Mendapat Pasokan Air dari Waduk)

Selain lahan persawahan, masih terdapat 5,2 juta hektare huma atau ladang dan 12,01 juta hektare tegal atau kebun yang kurang produktif. Kesulitan pasokan air membuat masa tanam di lahan ini hanya satu kali dalam satu tahun.

Ada juga sejumlah lahan tidur seluas 11,7 juta hektare yang belum dimanfaatkan saat ini. Perlu dibuat kantong air, waduk atau embung (kolam penampung air) untuk memasok kebutuhan air, agar lahan-lahan pertanian ini bisa lebih produktif. Setidaknya masa tanam di lahan ini bisa dua kali dalam satu tahun.

“Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus mengembangkan sumber-sumber air, seperti normalisasi sungai, memperbaiki saluran irigasi primer dan sekunder, serta membangun embung-embung,” kata Jokowi dalam keterangannya saat ratas mengenai pertanian di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/12). (Baca: Pemerintah Akan Bangun Kolam 3,9 Juta Hektare Untuk Irigasi Pertanian)

Dengan cara itu, kata Jokowi, Indonesia akan bisa mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada. Dengan begitu, produksi pertanian bisa meningkat dan target swasembada pangan di era pemerintahannya sekarang dapat tercapai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...