Kemenperin Usulkan Pengembangan Pesawat Masuk Proyek Strategis

Ameidyo Daud Nasution
8 Desember 2016, 19:38
Pesawat Air Asia dan Garuda
DONANG WAHYU | KATADATA

Pemerintah berencana menambah jumlah proyek yang akan masuk dalam daftar proyek strategis pemerintah. Kementerian Perindustrian pun mengusulkan pengembangan dua pesawat terbang lokal yakni R-80 serta N-245 masuk dalam revisi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Telekomunikasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan dua proyek pengembangan pesawat ini dianggap cukup strategis. Alasannya proyek ini bisa meningkatkan kemandirian Indonesia dalam penyediaan pesawat jarak menengah.

"Agar jangan sampai pesawat jarak menengah saja kita 100 persen (komponen) impor," kata Putu usai rapat koordinasi di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (8/2).

(Baca: Kemenhub Usulkan 4 Proyek Kereta Masuk Strategis Nasional)

Putu mengatakan untuk proyek pesawat N-245 merupakan pengembangan dari pesawat CN-235 yang dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (Persero). Sedangkan R-80 merupakan pesawat menengah dengan daya angkut 80 hingga 100 penumpang yang dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri.

Apabila dua proyek pengembangan ini masuk revisi Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional tersebut maka akan lebih mudah mendapatkan dukungan pemerintah. Dukungan yang dimaksud Putu adalah fasilitas pengujian prototipe serta jaminan lainnya sebagai proyek strategis nasional.

"Apalagi prototipe itu ada dua, satu di darat dan satu lagi untuk diterbangkan," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...