BKPM: Indonesia-Iran Fokus Kerjasama Energi

Image title
16 Desember 2016, 08:54
Jokowi Iran
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyampaikan bahwa sektor energi menjadi tulang punggung kerja sama ekonomi Indonesia-Iran. Iran rencananya akan terlibat dalam investasi pembangunan kilang minyak dan pembangkit listrik bergerak (mobile) di Indonesia. 

“Energi menjadi tulang punggung kerja sama Indonesia-Iran. Perdagangan, jasa dan pariwisata juga menunjukkan pertumbuhan,” ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong melalui siaran pers, Kamis, 15 Desember 2016.

Lembong bersama Menteri Koordinator Perekonomian darmin Nasution, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin menghadiri Indonesia-Iran Trade and Investment Discussion yang diadakan di Hotel Espinas Palace, Teheran, Iran.

(Baca juga: Indonesia-Iran Targetkan Nilai Perdagangan Naik 7 Kali Lipat

Dalam acara tersebut, Indonesia dan Iran menandatangani tiga nota kesepahaman (Memorandum of Agreement / MoU), antara lain: PT PLN dengan Mapna Group terkait Pengembangan Pembangkit; Mayora Indah dengan Nakhle Tuba Ariayi terkait Distribusi Produk; serta Pertamina dengan National Iranian Oil Company (NIOC) terkait Pembelian LPG. Penandatanganan MoU disaksikan Kepala BKPM bersama dengan Menteri Informasi dan Teknologi Komunikasi Iran Mahmoed Vaezi,

Saat itu, menurut Lembong, Presiden Jokowi mengatakan bahwa fokus kerjasama kali ini ialah mengenai energi, terutama minyak dan gas bumi. Pemerintah Iran sendiri juga memiliki komitmen untuk berinvestasi di Indonesia. "Rencana investasi pembangunan refinery di Jawa Timur oleh Iran. Pembangunan mobile power plant oleh Iran di Indonesia sebesar kurang lebih 5.000 Megawatt," katanya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...