Garuda Indonesia, Operator Penerbangan Terbaik Versi Kemenhub

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2016, 16:48
Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan penghargaan sebagai operator transportasi terbaik pada tahun 2016. Maskapai pelat merah tersebut dianggap mampu meningkatkan aspek keselamatan dalam penerbangan yang dilakukan sepanjang tahun ini.

Dalam acara Transportation Safety Award (TSA) 2016 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Garuda menyisihkan 33 operator transportasi lain baik di darat, laut maupun udara dengan nilai skor nyaris sempurna yakni 95,9 persen.

Adapun penilaian dilakukan tim independen. "Jadi saya hargai prestasi ini karena tidak mudah mewujudkan keselamatan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai pengumuman pemenang di acara tersebut, Jakarta, Rabu (21/12).

(Baca juga:  Tahun Depan, Garuda dan Citilink Targetkan 40 Juta Penumpang)

Adapun penilaian dilakukan dengan mengacu empat aspek. Pertama adalah pengorganisasian keselamatan dengan bobot penilaian 15 persen, kedua adalah sarana penunjang keselamatan dengan bobot nilai 35 persen, ketiga adalah Sumber Daya Manusia dengan bobot 40 persen, dan keempat adalah pendukung manajemen seperti database sebesar 10 persen.

Adapun di bawah Garuda, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yakni Perum Damri mendapatkan gelar sebagai operator dengan keselamatan terbaik kedua dengan nilai 89,56 persen. Adapun dua perusahaan lain yakni PT. Pelni (Persero) dan PT. Dharma Lautan Utama sama - sama berada pada peringkat tiga lantaran memiliki nilai sama yakni 86,9 persen.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...