Tepis Isu, Bank Indonesia Pastikan Uang Baru Dicetak Peruri

Desy Setyowati
22 Desember 2016, 10:39
Uang baru
Arief Kamaludin (Katadata)

Bank Indonesia memastikan bahwa seluruh uang baru tahun emisi 2016 dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Pernyataan ini sekaligus membantah isu yang beredar bahwa ke-11 uang baru yang diterbitkan pada 19 Desember 2016 lalu oleh Presiden Joko Widodo itu dicetak oleh perusahaan swasta.

(Baca juga:  12 Wajah Pahlawan di Uang Baru, Jokowi: Jangan Hina Rupiah)

Advertisement

“Kami tegaskan (isu) itu tidak benar. Karena seluruh uang kami, dicetak oleh Perum Peruri,” kata Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Yudi Harimurti di kantornya, 21 Desember 2016.

Yudi menekankan bahwa kebijakan percetakan rupiah telah sejalan dengan amanat Undang-Undang No.7/2011 terkait mata uang. Dalam beleid tersebut, disebutkan bahwa pencetakan uang rupiah dilakukan oleh Bank Indonesia yang pelaksanaanya bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Tidak ada satupun uang dicetak oleh pihak lain di luar Perum Peruri,” kata Yudi.

Ia juga menyatakan bahwa melalui kerja sama dengan Perum Peruri, pengamanan uang rupiah telah meningkat. Pada uang baru misalnya, pada uang nominal Rp 100 ribu memiliki selusin elemen pengamanan, naik dari versi sebelumnya yang hanya mempunyai sembilan pengaman.

(Baca juga: BI Klaim Pengamanan Berlapis Rupiah Baru Terbaik di Dunia)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement