BTN Beri Kemudahan KPR untuk 6 BUMN dan Peserta BPJS

Miftah Ardhian
29 Desember 2016, 16:21
BTN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berupaya menggenjot penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di tengah tren perlambatan pertumbuhan kredit dalam setahun terakhir ini. Salah satu upayanya adalah menggandeng enam perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam sinergi antarBUMN tersebut, BTN menyiapkan berbagai fasilitas serta kemudahan bagi perusahaan-perusahaan pelat merah itu untuk memperoleh kredit, utamanya dalam penyediaan perumahan. Menteri BUMN Rini Soemarno menyambut baik sinergi antarBUMN dan BPJS Ketenagakerjaan itu.

Advertisement

Menurut dia, sinergi dalam penyaluran kredit ini merupakan salah satu langkah mensukseskan program satu juta rumah per tahun yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Tapi jangan cuma sekadar Memorandum of Understanding (MoU). Tiga bulan dari sekarang saya lihat, dikerjakan atau tidak (kerjasamanya)," ujar Rini saat penandatanganan kerjasama itu di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (29/12).

(Baca: Mundur 2017, Pemerintah Minta BUMN Anggota Holding Patuh)

Rini mengatakan, terkadang BUMN itu sendiri selalu memberikan program-program positif kepada masyarakat, tetapi kerap melupakan nasib para karyawannya. Lewat program ini, diharapkan adanya penyaluran kredit mudah dan murah bagi karyawan BUMN.

Satu hal yang menjadi perhatian adalah kebutuhan bahan baku pembuatan rumah, khususnya semen juga harus bisa ditekan harganya untuk melancarkan target pembangunan rumah ini. "Bikin rumah pakai semen, jadi tolong PT Semen Indonesia Tbk, harganya jangan mahal-mahal," ujar Rini.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, enam BUMN yang menjalin sinergi adalah PT Bukit Asam Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re), PT PP Tbk, PT Semen Indonesia Tbk, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Perum Perumnas, dan satu perusahaan BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement