Awali 2017, Pertamina EP Lakukan Pengeboran Dua Sumur

Anggita Rezki Amelia
3 Januari 2017, 10:21
No image

Anak Usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP melakukan pengeboran dua sumur baru pada 1 Januari 2017. Pengeboran sumur tersebut dilakukan untuk menunjukkan komitmen mendukung ketahanan
energi dalam negeri.

Exploration New Discovery Project Director Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan dua sumur baru tersebut terletak di wilayah Sumatera. Pertama, sumur eksplorasi Puspa 03 atau PPA-003 di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Kedua, sumur pengembangan OGN-A5 di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan pengeboran sumur eksplorasi Puspa 03 bertujuan untuk mencari cadangan migas di blok tersebut. Sedangkan pengeboran sumur pengembangan OGN-A5 untuk mendukung target produksi Pertamina. Tahun ini Pertamina EP menargetkan produksi minyak sebesar 83.865 barel per hari (bph) dan gas sebesar 1.042 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

"Aktivitas pemboran di 2 lokasi ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung ketahanan energi Indonesia," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Senin (2/1). (Baca: Pertamina Mulai Pengeboran Sumur Migas di Perairan Pulau Bunyu)

Selain Puspa 03, Pertamina EP juga sedang melakukan pengeboran sumur eksplorasi di Batang Hari, Jambi, yakni sumur Point Setia 001. Sumur ini mulai dibor sejak 19 Oktober 2016 dan ditargetkan waktu pengerjaannya selama empat bulan. Dari pengeboran sumur ini yang masih berjalan ini, Pertamina EP berhasil menemukan cadangan migas sebesar 113 juta barel setara minyak (mmboe).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...