Pertamina Bidik Produksi Migas Tahun Ini Naik Enam Persen

Anggita Rezki Amelia
4 Januari 2017, 15:25
Sumur Minyak
Chevron

PT Pertamina (Persero) menargetkan peningkatan produksi minyak dan gas bumi (migas) tahun ini. Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2017, perusahaan BUMN ini menargetkan produksi migas mencapai 693 mboepd, atau meningkat enam persen dari prognosa tahun sebelumnya sebesar 654 mboepd. 

Jika dirinci, target produksi minyak Pertamina tahun ini sebesar 334 ribu barel per hari (bph), meningkat dari target tahun 2016 sebesar 313 ribu bph.  Sedangkan target produksi gas sebesar 2.080 juta kaki kubik per hari (mmscfd) atau meningkat dari tahun lalu yang sebesar 1.978 mmcsfd. (Baca: Lampaui Target, Lifting Minyak 2016 Cetak Rekor)

Menurut Direktur Hulu  Pertamina Syamsu Alam, target peningkatan produksi migas tahun ini didukung oleh kenaikan produksi di beberapa wilayah kerja Pertamina di dalam negeri maupun luar negeri. "Ada Pertamina EP Cepu, produksi Blok ONWJ juga naik. Kemudian Pertamina EP, walaupun sedikit tapi naik dan produksi dari PIEP juga naik," kata dia di Jakarta, Selasa (3/1).

Beberapa proyek migas Pertamina seperti Matindok dan Paku Gajah juga akan  berproduksi tahun ini. Proyek Pengembangan Gas Matindok (PPGM) terletak di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Proyek ini memiliki fasilitas produksi gas bumi dari sumur yang telah dieksplorasi maupun dari rencana sumur pengembangan yang berasal dari lima lapangan gas bumi  yaitu lapangan-lapangan gas Donggi, Matindok, Maleo Raja, Sukamaju, dan Minahaki.  "Onstream tahun ini," kata Syamsu. 

Grafik: Produksi Minyak Mentah Tahunan PT Pertamina 2009-2015
Produksi Minyak Mentah Tahunan PT Pertamina 2009-2015

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...