Turut Perangi Hoax, Dewan Pers Bakal Sertifikasi Media

Image title
4 Januari 2017, 17:30
Digital internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Dewan Pers akan memberlakukan sistem verifikasi media online dan cetak. Tiap media yang terverifikasi, mulai 9 Februari 2017 nanti akan ditempeli logo khusus Dewan pers.

Langkah ini dilakukan untuk turut memerangi berita palsu atau hoax yang tersebar melalui media abal-abal. “Dewan Pers itu menjaga marwah pilar keempat demokrasi, jangan sampai kebebasan pers ini diisi oleh pencoleng-pencoleng kebebasan pers,” Kata Ketua Dewan Pers Stanley Adi Prasetyo kepada Katadata, Rabu (4/1/2017).

Logo verifikasi itu nantinya akan dilengkapi dengan barcode yang terhubung dengan sistem database yang dimiliki Dewan Pers. Dengan begitu, masyarakat lebih mudah mengontrol dan melaporkan media tersebut,saat dianggap menyebarkan berita yang kebenarannya diragukan.

(Baca juga: Situs Berita Hoax, Mesin Pencetak Uang dan Kegaduhan)

Stanley menyanggah opini yang beredar jika inisiatif Dewan Pers ini merupakan bentuk pelanggaran atas kebebasan pers. Sebaliknya, ia menekannya bahwa upaya ini merupakan bentuk perlindungan Dewan Pers terhadap media-media yang telah terverifikasi memproduksi produk jurnalistik dengan benar.

“Terverifikasi itu ada beberapa kategori, ada yang terverifikasi secara administrasi, terverifikasi konten, dan terverifikasi karena memenuhi syarat undang-undang,” kata Stanley.

Dari data yang dimiliki Dewan Pers pada 2016, dari 1.832 media yang terdata, yang telah terverifkasi Dewan Pers baru sebanyak 306 media. “Saat ini kami terus melakukan sosialisasi,” katanya.

(Baca juga: Jokowi Perintahkan Tindak Tegas Penyebar Hoax)

Wacana menerapkan logo verifikasi ini sebetulnya sudah bergulir hampir tujuh tahun lalu pada peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari 2010.

Meski berwewenang menyaring media yang dianggap tidak kredibel, Stanley menyatakan, bahwa Dewan Pers tidak memiliki perangkat hukum untuk melakukan pemblokiran.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...