Sarung Jokowi dan Lesunya Industri Tekstil Tanah Air

Pingit Aria
9 Januari 2017, 12:22
Jokowi
Laily Rachev | Biro Pers Sekretariat Presiden

Apapun yang dikenakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo selalu jadi perbincangan. Dari jaket bomber hingga payung biru telah terbukti memikat netizen, hingga banyak yang ingin membeli item serupa untuk dirinya.

Kali ini, giliran sarung Jokowi yang menjadi viral. Jokowi memang telah beberapa kali difoto ketika mengenakan sarung, tapi kali ini berbeda. Sebab, jika biasanya ia mengenakan sarung sebagai bagian dari busana santai, kali ini Jokowi memadukannya dengan setelan kemeja putih dan jas hitam terkancing rapi.

Hal lain yang membuat sarung merah muda beraksen marun itu “naik kelas” adalah karena Jokowi mengenakannya saat naik pesawat kepresidenan. Peristiwa itu terjadi Ahad (8/1) kemarin. Hari itu, Jokowi akan menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pekalongan, Jawa Tengah.

(Baca juga: Industri Nonmigas 2017 Diprediksi Tumbuh Sejalan Target Ekonomi)

Foto Jokowi bersarung itu diambil saat dia akan naik pesawat kepresidenan dari Bandara Halim Perdanakusuma. “Sepertinya ini kode bahwa Presiden ingin menggenjot industri tekstil yang sedang turun,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani, Senin, 9 Januari 2017.

Penilaian itu, menurutnya tak berlebihan. Sebab, setelah jaket bombernya jadi buruan para fashionista, Jokowi memang seolah sadar akan pesonanya di dunia maya. Ia pun mulai berpromosi.

Dalam kunjungan kerja ke Balikpapan, Desember 2016 lalu misalnya, Jokowi membeli sepasang sandal jepit biru di sebuah pusat perbelanjaan. Melalui akun Twitternya, Jokowi memasang foto sandal barunya dengan mencantumkan harganya yang hanya Rp 119 ribu. Tak lupa, ia menuliskan, “Produk Indonesia bagus kualitasnya.”

(Baca juga: Pertumbuhan Produksi Manufaktur Mulai Membaik)

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...