Astra dan Mitsubishi, Calon Mitra Pelindo II Garap Proyek Patimban

Miftah Ardhian
10 Januari 2017, 09:15
Pelabuhan
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi pelabuhan

Pemerintah akan menunjuk PT Pelindo II (Persero) menjadi operator Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat. Selanjutnya, Pelindo II akan menggandeng perusahaan asal Jepang untuk mengoperasikan pelabuhan yang dibangun dengan utang dari negeri sakura tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, terdapat dua kemungkinan perusahaan swaasta Jepang yang akan menjadi pengelola Pelabuhan Patimban bersama dengan Pelindo II. "Nanti ada apakah Astra atau Mitsubishi," ujar Luhut, Senin (9/1).

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Massasya mengatakan, nantinya Pelindo II bersama salah satu badan usaha Jepang tersebut akan menyetorkan 10 persen dari total investasi yang dikeluarkan, yakni sebesar Rp 4 triliun.

(Baca juga:  Indonesia - Jepang Sepakat Garap Tiga Proyek Transportasi)

Elvyn menyatakan, Pelindo akan memiliki 51 persen saham pengelolaan sebagai perwakilan dari pemerintah. “Sementara pihak Jepang hanya 49 persen, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya, Senin (9//1).

Megaproyek pelabuhan internasional ditaksir menelan investasi Rp 43 triliun. Sebanyak 79 persen dana berasal dari utang luar negeri Jepang. Selanjutnya, 11 persen berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, serta 10 persen dari badan usaha pengelola pelabuhan. 

Pelindo II sebelumnya sudah berkongsi dengan perusahaan-perusahaan asal Jepang dalam mengelola pelabuhan, antara lain PT New Priok Container Terminal One (NPCT1) di Tanjung Priok, Jakarta. Pelindo II juga berpartner dengan Mitsui Co.Ltd. dan Nippon Yusen Kabushiki Kaisa ( NYK Line) di NPCT1, selain dengan PSA International, Singapura.

(Baca juga:  Target Pinjaman Pelabuhan Patimban Rp 22 Triliun Diteken Mei 2017)

Yang pasti, Elvyn menyatakan, Pelindo II adalah akan memastikan Pelabuhan Patimban tidak menjadi kompetitor pelabuhan lainnya, terutama Pelabuhan Tanjung Priok. "Jadi komplemen, (Patimban) melengkapi Tanjung Priok," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...