Kementerian Energi: Baru 1 Blok Migas Laku dalam Lelang 2016

Anggita Rezki Amelia
11 Januari 2017, 14:07
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera mengumumkan hasil lelang 14 wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) konvensional periode 2016. Namun, sepertinya hanya satu wilayah kerja migas yang laku dan dimenangkan oleh investor.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi I.G.N. Wiratmaja Puja mengungkapkan, pihaknya kemungkinan hanya memenangkan penawaran untuk satu wilayah kerja migas. Padahal, ada beberapa wilayah kerja lain yang juga diminati para investor.

"Cuma satu (pemenang), peminatnya ada beberapa tapi yang lolos mungkin satu," katanya di Kementerian Energi, Selasa (10/1). Namun, dia belum mau menyebutkan nama blok migas yang berhasil dimenangkan oleh investor tersebut.

Di sisi lain, Wiratmaja belum mau menyebutkan waktu pengumuman hasil lelang blok migas konvensional tersebut. Yang jelas, blok-blok migas yang tidak laku dilelang tahun lalu akan kembali dilelang tahun ini. "Bisa kami lelang lagi," ujar dia.

Sekadar informasi, Kementerian Energi sejak tahun lalu membuka lelang 14 blok migas melalui dua mekanisme, yakni penawaran langsung dan lelang reguler. Proses penawaran langsung tujuh blok migas konvensional telah dibuka sejak Juli 2016.

(Baca: Pemerintah Tetapkan Tiga Pemenang Lelang Blok Migas 2016 Pekan Ini)

Ketujuh blok tersebut adalah Blok Bukit Barat (offshore di Kepulauan Riau), Batu Gajah Dua (onshore di Jambi), Kasongan Sampit (onshore di Kalimantan Tengah), Ampuh (offshore di Laut Jawa), Ebuny (offshore di Sulawesi Tenggara), serta dua blok onshore dan offshore di Papua Barat, yaitu Blok Onin dan West Kaimana.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...