Ingin Fokus, Maybank Indonesia Jual Anak Usaha Pembiayaan Motor

Martha Ruth Thertina
12 Januari 2017, 20:31
motor
Arief Kamaludin | Katadata

PT Bank Maybank Indonesia Tbk menjual anak usahanya yaitu PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOM Finance) kepada PT Reliance Capital Management (RCM). WOM Finance merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor baru dan bekas, dengan mayoritas merek Honda, Yamaha, dan Suzuki.  

Bank asal Malaysia ini bakal melepas 68,55 persen atau seluruh kepemilikan sahamnya di WOM Finance. Sebagai langkah awal, perusahaan dan Reliance telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat pada Rabu (11/1) kemarin. Adapun pengalihan saham ditargetkan rampung pada kuartal I ini.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mangataka, penjualan saham tersebut bertujuan memaksimalkan pengalokasian modal. “Salah satu inisiatif strategis Maybank Indonesia untuk memaksimalkan pengalokasian modal dan streamlining segmentasi nasabah sehingga secara keseluruhan akan berkontribusi pada optimalisasi sumber daya Maybank Indonesia yang lebih efisien,” katanya seperti dikutip dari siaran pers Maybank Indonesia, Kamis (12/1).

Selanjutnya, Maybank Indonesia tidak lagi memiliki saham WOM Finance dan bukan lagi anak usahnya. Meski begitu, WOM Finance akan terus menjadi mitra bisnis penting Maybank Indonesia di masa depan. (Baca juga: OJK Kesulitan Awasi Konglomerasi di Sektor Jasa Keuangan)

Maybank Indonesia menegaskan, Reliance tidak memiliki hubungan afiliasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang pasar modal. Dengan demikian, pengalihan saham tersebut tidak memiliki benturan kepentingan.

Sekadar informasi, RCM merupakan perusahaan induk yang membawahi beberapa anak usaha di bidang jasa keuangan, seperti PT Reliance Securities Tbk, PT. Asuransi Reliance Indonesia, PT Asuransi Jiwa Reliance Indonesia, PT Bank Kesejahteraan Ekonomi, dan PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...