Jokowi Desak Bank Memacu Kredit Tumbuh 12 Persen Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
13 Januari 2017, 17:00
Bank uang
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pertumbuhan kredit perbankan tahun ini mencapai 12 persen. Sebelumnya OJK menargetkan pertumbuhan kredit tahun ini antara 9 hingga 12 persen.

"Target 9 sampai 12 persen tapi saya minta ambil (target) yang 12 persennya," kata Jokowi dalam pertemuan awal tahun pelaku Industri Jasa Keuangan di Istana Negara, Jumat (13/1/2017).

(Baca juga: Jokowi Akan Tambah Subsidi KUR agar UMKM Tak Terjerat Rentenir)

Untuk menggenjot penyaluran kredit, Jokowi meminta perbankan dapat masuk dan membiayai banyak sektor terutama yang terkait ekonomi kerakyatan. Oleh sebab itu Jokowi meminta perbankan tidak melulu membiayai kegiatan ekonomi berskala besar namun masuk ke dalam kegiatan seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Jumlah UMKM di Indonesia sangat besar, yakni 57,9 juta. Hanya saja, potensi besar ini tidak berbanding lurus dengan akses pada modal maupun investasi.

Selain itu, Jokowi juga meminta perbankan tak segan mengucurkan kredit ke sektor perkebunan. Apalagi, sektor ini banyak yang dimiliki pengusaha rakyat. "Berikan pada mereka (petani) untuk beli bibit," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...