Menteri Susi: 1.106 Pulau Tak Bernama Siap Didaftarkan ke PBB

Image title
17 Januari 2017, 15:25
Susi Pudjiastuti
Arief Kamaludin|KATADATA

Indonesia akan mendaftarkan 1.106 pulau tak bernama ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun ini. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti‎ mengatakan, pendaftaran tersebut akan dilakukan pada Agustus 2017 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kemarin kita sudah identifikasi ada 1.106 yang siap didaftarkan kepada PBB pada Agustus 2017. Saya harap Pak Presiden bisa berangkat untuk mendaftarkan sekaligus menamai pulau-pulau tersebut," kata Susi dalam konferensi pers di kantornya, Selasa, 17 Januari 2017.

Advertisement

Susi menyatakan, proses pendaftaran dan penamaan pulau di PBB hanya bisa dilakukan oleh Negara, bukan perorangan, swasta, apalagi asing. “Yang bisa kasih nama hanya negara dan yang daftarkan nama juga negara. Jadi tidak benar ada orang bisa menamakan pulau sendiri," ujarnya.

(Baca juga:  Asing Bisa Kelola Pulau, Penamaannya Wewenang Pemerintah)

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan sertifikasi terhadap 111 pulau tertuar dan terkecil. Dengan sertifikasi ini nantinya pulau-pulau tersebut akan ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN).

Susi menyatakan, salah satu tujuan sertifikasi ini adalah agar Negara mendapat manfaat dari pengelolaan pulau-pulau ini nantinya. “Kita akan lakukan penataan pertanahan karena pulau-pulau kecil ini adalah aset negara, kita ingin menata balance sheet aset negara dengan demikian kekayaan bertambah,” kata Susi.

Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Indonesia terdapat 14.343 pulau dengan luas kurang dari 100 kilometer persegi. Dari jumlah tersebut terdapat 4.343 pulau yang sudah dimanfaatkan masyarakat dan swasta.

Grafik: 10 Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak 2014

Sementara, terdapat 5.000 pulau yang belum dimanfaatkan tetapi bernilai ekonomi. Sedangkan, pulau yang akan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sebanyak 3.000 pulau dan pulau yang difungsikan sebagai kawasan konservasi sebanyak 2.000 pulau.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement