Jokowi Dapat Masukan Toleransi dari Habibie dan Try Soetrisno

Ameidyo Daud Nasution
19 Januari 2017, 21:43
Jokowi Habibie
Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Sepanjang hari Kamis ini (19/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) kedatangan dua orang tamu penting di Istana Merdeka, Jakarta. Pertama adalah Presiden RI kelima yakni Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, dan yang kedua adalah mantan Wakil Presiden RI Try Soetrisno.

Try Soetrisno datang lebih dulu, pada pagi hari pukul 09.30 WIB. Sedangkan Habibie datang sore hari, pukul 14.00 WIB. Kedua tokoh ini masuk menemui Jokowi di Istana Merdeka melalui pintu samping. Usai pertemuan, mereka tidak memberikan penjelasan kepada para wartawan.

Advertisement

(Baca: Capek Blokir Situs, Menkominfo Ajak Masyarakat Perangi Berita Hoax)

Isi pertemuan tersebut diceritakan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia menjelaskan, Jokowi mendengarkan masukan Habibie mengenai masalah-masalah kebangsaan, mulai dari Pancasila sebagai dasar negara, pluralisme dan toleransi, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar negara Indonesia. "Ini yang disebut beliau (Habibie) sebagai modal besar Indonesia," kata Pratikno. 

Tidak lupa Habibie juga memberikan masukan soal teknologi kepada Jokowi. Ia meminta Jokowi memiliki prioritas bagi pengembangan teknologi yang bernilai tambah tinggi. Salah satu yang disinggung adalah pembuatan pesawat terbang. "Presiden juga menyetujui soal ini, apalagi tenaga kerja dan nilai tambahnya besar," kata Pratikno.

(Baca: "Hinaan" Rizieq Shihab yang Menuai 6 Gugatan)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement