Misi Sri Mulyani Melekatkan Nama "Mr. Clean" di Gedung Pajak

Desy Setyowati
19 Januari 2017, 17:45
Pajak
Arief Kamaludin|KATADATA

Gedung Utama Direktorat Jenderal Pajak kini menyandang nama seorang tokoh besar, Mar’ie Muhammad, mantan Menteri Keuangan dan Direktur Jenderal Pajak era Orde Baru yang baru meninggal dunia pertengahan Desember 2016 lalu. Lewat penamaan gedung tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap keteguhan Mari’e menjaga integritas bisa menjadi teladan bagi seluruh pegawai Ditjen Pajak.

Mari’e merupakan Dirjen Pajak era 1988-1993 dan Menteri Keuangan era 1993-1998. Kejujurannya selama menduduki dua jabatan itu membuatnya masyur dikenal dengan julukan "Mr. Clean". Sri Mulyani mengatakan, pada masa tersebut, sulit menemukan seseorang yang tidak terbawa arus untuk menjual integritasnya dan tetap berdiri tegak menjalankan tugasnya.

Advertisement

“Sungguh mengagumkan ketika orang menganggap biasa integritas, masih ada yang setia pada nilai itu, bukan karena ambisi politik tapi kesetiaan pada nilai yang dia yakini,” kata Sri Mulyani mengenang sosok Mar’ie dalam pidato peresmian Gedung Mar’ie Muhammad di Kantor Pajak Pusat, Jakarta, Kamis (19/1).

(Baca juga: Ada Kasus Suap Pajak, Sri Mulyani Semangati Pegawai Lewat Surat)

Secara pribadi, dia sempat mengenal almarhum Mar’ie. Bagi Sri Mulyani, Mar’ie merupakan guru. Di awal kepemimpinannya sebagai Menteri Keuangan, misalnya, Sri Mulyani mendapat banyak pengalaman dan pelajaran dari Mar’ie. Satu pesan Mar’ie yang paling diingatnya, yakni untuk fokus dan berhati-hati dalam menjalankan tugas. “Ini selalu diulang-ulang oleh beliau kepada saya,” katanya.

Sri Mulyani berharap melalui pemberian nama tersebut untuk gedung utama Ditjen Pajak maka bisa menjadi kemewahan bagi generasi yang belum sempat melihat sosok Mar’ie. Selain itu, memberi keyakinan bagi pegawai pajak untuk menjaga integritas dan konsistensinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement