Pertamina Beli 64 Persen Saham Perusahaan Migas Terbesar Kedua Prancis

Arnold Sirait
26 Januari 2017, 12:37
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya yang mengelola aset minyak dan gas bumi (migas) di luar negeri, PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), telah membeli mayoritas saham Maurel & Prom. Maurel merupakan perusahaan migas terbesar kedua di Prancis.

Pertamina mengakuisisi Maurel melalui proses penawaran tender (tender offer) kepada pemegang saham publik perusahaan tersebut. Berdasarkan pengumuman otoritas keuangan Prancis, Autorité des marchés financiers (AMF), pada Rabu (25/1) kemarin, Pertamina telah merampungkan tahap pertama penawaran tender saham Maurel.  

Lewat aksi korporasi itu, Pertamina berhasil membeli 125,9 juta saham Maurel atau setara dengan 64,46 persen dari total saham dan 63,35 persen hak suara. Alhasil, terhitung mulai 1 Februari 2017, Pertamina akan menjadi pemegang saham mayoritas Maurel.

(Baca: Pertamina Siapkan Investasi Hulu Migas Rp 719 Triliun Hingga 2025)

Selain itu, Pertamina sekarang menguasai sebanyak 6,8 juta ORNANE alias obligasi yang dapat ditukar dengan uang dan saham pada 2019. Jumlahnya setara dengan 46,7 persen dari total surat utang tersebut. Pertamina juga mengempit 3,8 juta ORNANE pada 2021, yang setara dengan 36,88 persen dari total surat utang tahun 2021 tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...