Mulai Dibangun, Jokowi Targetkan Bandara Kulonprogo Rampung 2019

Ameidyo Daud Nasution
27 Januari 2017, 15:46
Jokowi Resmikan Pembangunan Bandara Kulon Progo
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi menghadiri prosesi "Babat Alas Nawung Kridho" pembangunan bandara internasional Yogyakarta

Pembangunan bandara Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dimulai. Hari ini (27/1) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri prosesi Babat Alas Nawung Kridho, yang dimaknai sebagai persiapan dan penatan lahan di lokasi pembangunan seluas 587 hektare.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan proyek bandara ini sebenarnya sudah direncanakan sejak enam hingga tujuh tahun lalu, tapi belum juga berjalan. Saat ini pemerintah tak ingin lagi menunda pelaksanaan pembangunan bandara internasional baru di Yogyakarta. Dia ingin bandara ini bisa mulai digunakan pada pertengahan 2019.

(Baca: Kembangkan Dua Bandara, Pemerintah Berniat Jual Saham Angkasa Pura)

Menurutnya, bila tak memiliki keberanian untuk mengambil keputusan, maka dapat dipastikan proyek pembangunan infrastruktur berorientasi global tersebut tidak akan pernah terlaksana. “Setiap pekerjaan apapun, setiap keputusan apapun, pasti ada risikonya. Oleh sebab itu kalau tidak diputuskan yang tadi, tidak akan selesai sampai kapanpun," kata Jokowi dalam keterangannya saat acara tersebut, Jumat (27/1).

Percepatan proyek bandara Kulonprogo merupakan respons perubahan yang begitu cepat dengan mulai padatnya Bandara Adisutjipto. Tahun lalu jumlah pergerakan penumpang di bandara ini mencapai 7,2 juta penumpang. Sementara kapasitas terminal bandara ini hanya 2,1 juta penumpang dengan kapasitas landas parkir (apron) hanya untuk sembilan pesawat.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...