Naik 18 Persen, Pendapatan Angkasa Pura II Rp 6,65 Triliun pada 2016

Pingit Aria
30 Januari 2017, 10:53
Terminal 3 Ultimate
Arief Kamaludin|KATADATA
Terminal yang memiliki 28 gate, terdiri atas 10 gate internasional dan 18 gate domestik ini, diklaim menyaingi Bandara Internasional Changi di Singapura.

PT Angkasa Pura II (Persero) kembali mencatat kinerja positif pada 2016. Sepanjang 2016 total pendapatan perseroan (unaudited) mencapai Rp 6,65 triliun, atau naik 18 persen dibandingkan dengan 2015 sebesar Rp 5,64 triliun.

Dari jumlah itu, sebanyak Rp 4,03 triliun berasal dari bisnis aeronautika seperti Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U), biaya pendaratan pesawat, dan pemakaian garbarata. Sementara itu, bisnis nonaeronautika seperti konsesi, sewa ruang, reklame, serta bisnis kargo dan sebagainya pada periode yang sama mencetak pendapatan Rp 2,62 triliun.

"Kinerja positif yang berhasil dibukukan perseroan ini didukung juga oleh keberhasilan mengoperasikan sejumlah terminal baru pada 2016 yakni Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung, dan juga diresmikannya Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi oleh Presiden RI," kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Ahad (29/1).

(Baca juga: Mulai Dibangun, Jokowi Targetkan Bandara Kulonprogo Rampung 2019)

Menurut Awaluddin, peningkatan pendapatan kali ini memang sejalan dengan naiknya arus penumpang pesawat di 13 bandara yang dikelola perusahaan. Sepanjang tahun lalu, ke-13 bandara AP II jadi tempat lalu-lalang  94,63 juta penumpang, naik 12 persen dari 84,29 juta penumpang pada 2015.

Kenaikan arus penumpang pesawat ini antara lain dipicu kebijakan perseroan yang memberikan sejumlah insentif kepada maskapai yang membuka rute internasional baru di sejumlah bandara, serta bagi maskapai yang mengoperasikan extra flight di luar jam reguler bandara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...