Pemerintah Berencana Bangun Bandara Internasional Soekarno Hatta II

Safrezi Fitra
30 Januari 2017, 13:08
Bandara udara
Katadata

Pemerintah berencana memperluas dan meningkatkan kapasitas bandara internasional Soekarno-Hatta. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menginstruksikan PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan kajian studi kelayakan (feasibility study) untuk membangun Bandara Internasional Soekarno-Hatta II.

“Dalam penyusunan kajian ini AP II akan melibatkan berbagai macam pihak, yaitu Jasa Marga, pemerintah daerah dan Kementerian Perhubungan selaku otoritas yang memberikan izin kelayakan ruang udara dan kelayakan penerbangan,” kata Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Senin (30/1).

(Baca: Mulai Dibangun, Jokowi Targetkan Bandara Kulonprogo Rampung 2019)

Perusahaan pengelola bandar udara pelat merah ini menargetkan hasil kajian studi kelaikan CGK II tersebut akan diselesaikan pada tahun 2017. AP II akan segera mengurus perizinannya kepada Kementerian Perhubungan, untuk dapat dimasukkan dalam desain besar (grand design) Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Peningkatan kapasitas ini dilakukan agar Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa menampung jumlah penumpang yang terus meningkat. Pemerintah memprediksi permintaan jasa angkutan udara akan menembus 100 juta penumpang pada tahun 2025.

Adapun data Angkasa Pura menyebutkan sepanjang tahun lalu arus lalu lintas penumpang yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah mencapai sekitar 55 juta orang. Prediksinya tahun ini jumlah penumpang tersebut akan melonjak hingga 8 persen menjadi sekitar 60 juta penumpang.

(Baca Infografik: Soekarno Hatta Siap Saingi Changi dan KLIA)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...