Sri Mulyani Siap Gelontorkan Rp 2,5 Triliun untuk Beasiswa LPDP 2017

Desy Setyowati
31 Januari 2017, 19:55
Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan mannequin challenge usai memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran, Bandung, 29 November 2016.

Pemerintah menganggarkan Rp 2,5 triliun untuk beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini. Adapun jumlah penerima beasiswa ditargetkan sebanyak 5 ribu orang.

Mengingat besarnya dana yang digelontorkan pemerintah, Menteri Keuangan Sri Mulyani berpesan agar penerima beasiswa tidak menjadi orang yang biasa-biasa saja melainkan mampu berkompetisi di kancah internasional. Sebab, dana tersebut berasal dari dana pajak yang sulit dikumpulkan dari masyarakat.

“Ide kami adalah mencari orang yang dibutuhkan untuk masa depan Indonesia,” ujar Sri Mulyani saat membuka pameran beasiswa studi di kantornya, Jakarta, Selasa (31/1).

Pameran tersebut dihadiri oleh 16.500 pengunjung, naik dari tahun lalu yang jumlah pengunjungnya hanya 12 ribu peserta. Hal ini meninjukkan minat anak-anak muda Indonesia untuk mendapatkan beasiswa LPDP pun semakin besar. (Baca juga: Jokowi: 2017, Pemerintah Fokus pada Pemerataan)

Selama lima tahun terakhir, pemerintah telah menggelontorkan Rp 22,5 triliun untuk beasiswa LPDP. Lembaga tersebut menyediakan fasilitas beasiswa untuk anak-anak Indonesia yang ingin meneruskan kuliah di universitas unggulan baik di dalam maupun di luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...