Temui Jonan, Antam Laporkan Perkembangan Proyek Smelter

Anggita Rezki Amelia
8 Februari 2017, 20:41
Antam
Arief Kamaludin|KATADATA

Manajemen PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. mendatangi kantor Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Pertemuan membahas rencana proyek hilirisasi tambang mineral perusahaan.

"Mereka menyampaikan kinerjanya seperti apa, kan mereka bangun pabrik di Halmahera Timur," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono usai pertemuan tersebut di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (8/2).

Advertisement

Direktur Utama Aneka Tambang (Antam) Tedy Badrujaman membenarkan pertemuan tersebut untuk memaparkan kinerja Antam selama ini. Dia mengatakan pihaknya selama ini belum pernah melaporkan kinerja perusahaan kepada Jonan. (Baca: Antam Tunjuk Wika-Kawasaki Bangun Pabrik Feronikel di Maluku)

"Jadi Pak Menteri tanya-tanya segala hal tentang bisnis Antam," kata dia kepada Katadata. Beberapa yang dilaporkan Teddy terkait proyek hilirisasi yang sedang dikerjakan Antam, yakni pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur dan pabrik Smelter Grade Alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Barat.

Sekretaris Perusahaan Antam Trenggono Sutioso menambahkan ada beberapa proyek Antam yang dilaporkan kepada Menteri ESDM. Pertama, penyelesaian proyek perluasan pabrik ferronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara.

Kedua, Antam akan segera melakukan konstruksi pabrik ferronikel berkapasitas 13.500 ton di Halmahera Timur. Pembangunan pabrik ini juga merupakan sinergi BUMN untuk mendukung program pembangunan industri, dengan nilai kontrak mencapai Rp 3,43 triliun. Dananya menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) Antam dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015.

(Baca: Antam Nilai Relaksasi Ekspor Nikel Bisa Pacu Hilirisasi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement