BUMI Jual Saham Rp 35 Triliun, Saham Grup Bakrie Jadi Primadona

Martha Ruth Thertina
9 Februari 2017, 09:00
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
Saham KATADATA | Arief Kamaludin

Saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) kembali naik daun. Pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (8/2) kemarin, saham perusahaan pertambangan milik Grup Bakrie ini paling banyak ditransaksikan. Pemicunya, sehari sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bumi menyetujui rencana penerbitan saham baru (rights issue) senilai Rp 35,1 triliun.

Mengacu pada situs BEI, transaksi saham emiten berkode BUMI sepanjang hari Rabu mencapai 34.996 kali. Meski begitu, harga saham BUMI tercatat anjlok 7,33 persen dari penutupan perdagangan hari sebelumnya menjadi Rp 430 per saham.

Advertisement

Yang menarik, di bawahnya mengekor empat emiten terafiliasi Grup Bakrie yang sahamnya paling aktif ditransaksikan oleh para investor. Di posisi kedua ada transaksi saham PT Darma Henwa Tbk (DEWA) sebanyak 30.081 kali.

Disusul oleh saham PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) sebanyak 26.195 kali. Urutan keempat dan kelima ditempati saham PT Bakrie Sumatra Plantation Tbk. (UNSP) dan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) dengan transaksi masing-masing 19.166 kali.

Fenomena ini mengingatkan booming saham Grup Bakrie sebelum tahun 2008. Kala itu, dimotori juga oleh saham BUMI, saham emiten-emiten Grup Bakrie dan afiliasinya menjadi primadona para investor seiring dengan kenaikan harga komoditas dan berbagai aksi korporasinya.

Namun, pamor saham Grup Bakrie dalam beberapa tahun terakhir meredup sejalan dengan kejatuhan harga komoditas. Apalagi, perusahaan-perusahaan Bakrie, termasuk BUMI, terbelit tumpukan utang. Harga sahamnya pun jatuh hingga di bawah Rp 100 per saham.

Saham-saham Grup Bakrie kembali menggeliat serentak sejak 2-3 bulan terakhir. Salah satu penyebabnya adalah tercapainya kesepakatan restrukturisasi utang BUMI. Selain itu, mengacu pada keterbukaan informasi ke BEI yang dilansir 30 Desember 2016, BUMI mengumumkan rencana penerbitan 37,88 miliar saham baru dengan nilai sebesar Rp 35,1 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement