Buat Landasan Ketiga, Soekarno Hatta Bisa Tampung 114 Penerbangan

Maria Yuniar Ardhiati
13 Februari 2017, 15:44
Terminal 3 Soekarno Hatta
PT Angkasa Pura II

Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, akan menambah landasan baru untuk meningkatkan jumlah penerbangan hingga 114 penerbangan per jam. Langkah ini untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pesawat melalui bandara tersebut sampai 100 juta orang per tahun.

Sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) merencanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan landasan ketiga pada 1 April mendatang. Jika berjalan mulus, runway ketiga dengan ukuran 3.000 x 60 meter persegi ini ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan 2018.

Perusahaan pelat merah pengelola bandara tersebut melakukan penambahan landasan untuk mengantisipasi penambahan pergerakan pesawat per hari. Sebab, Angkasa Pura II pun memperkirakan jumlah penumpang Bandara Soekarno Hatta pada 2025 menembus 100 juta orang per tahun.

(Baca: Pemerintah Berencana Bangun Bandara Internasional Soekarno Hatta II)

Saat ini, runway pertama dan kedua Bandara Soekarno Hatta melayani 72 penerbangan pesawat per jam. Rencananya, jumlah tersebut akan ditingkatkan menjadi 86 penerbangan per jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...