Raja Salman Menginap di Hotel Raffles, Sebagian Dimiliki Keponakannya

Pingit Aria
1 Maret 2017, 17:01
raja salman
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud siang ini bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Dari Kota Hujan, Raja Salman akan menuju Jakarta dan bermalam di Hotel Raffles.

Ada banyak hotel mewah di Ibu kota. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama misalnya, menginap di Hotel Shangri La saat berkunjung ke Jakarta pada 2010 lalu. Lalu kenapa Raja Salman memilih Hotel Raffles? Siapa pemiliknya?

Advertisement

Resmi dibuka pada Maret 2015, pengembang Hotel raffles adalah PT Ciputra Property Tbk. Namun, hotel ini dikelola oleh operator internasional Raffles Hotels & Resort Singapura yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Kingdom Hotel Investments (KHI). Perusahaan ini merupakan anak usaha dari Kingdom Holding Company (KHC).

(Baca juga: Tiba Lebih Cepat, Raja Salman Disambut Jokowi dan Disalami Ahok)

Sementara, KHC merupakan perusahaan yang dirintis oleh Pangeran Alwaleed bin Talal. Ia adalah putra Pangeran Talal Bin Abdulaziz yang merupakan sepupu Raja Salman.

Selain Raffles Hotels & Resort, Alwaleed juga punya investasi di beberapa hotel lain seperti The Four Seasons, Fairmont, dan Swisshotel. Alwaleed juga memiliki saham-saham perusahaan yang terkenal, seperti Twitter, eBay, hingga Apple.

Grafik: Jumlah Wisatawan Arab Saudi

Marketing Communicatios Executive Raffles Hotel Jakarta Monica Agusta menolak mengomentari hal tersebut. Ia hanya memastikan bahwa total 173 kamar hotel di kawasan Mega Kuningan itu telah dipesan oleh rombongan Raja Arab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement