Indonesia - Arab Saudi Kaji Kemungkinan Perdagangan Bebas

Pingit Aria
2 Maret 2017, 20:01
raja salman
Rusman/Biro Set Pres
Presiden Joko Widodo menerima Raja Salman dari Arab Saudi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, (01/02).

Pengembangan perdagangan merupakan satu dari 11 nota kesepahaman yang ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi. kerja sama itu nantinya dapat berbentuk perjanjian perdagangan bebas atau kesepakatan perdagangan untuk produk tertentu.

 “Sudah diangkat pada tingkat Kepala Negara Pak Presiden bersama Sri Baginda (Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud) untuk kita sepakat membuat joint study sebagai tahap awal preferential trade agreement (PTA) atau free trade agreement (FTA)," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (2/3).

Advertisement

Enggar yakin Indonesia memiliki potensi ekspor lebih besar ke arab Saudi. Sebab, meski secara keseluruhan neraca perdagangan defisit, namun Indonesia lebih banyak mengekspor produk nonmigas ke Arab Saudi. "Ekspor kita banyak, mulai minyak sawit, otomotif, kita lebih mendorong yang punya nilai tambah," kata dia.

(Baca juga: Selalu Defisit Dagang, Jokowi Minta Permudah Ekspor pada Raja Salman)

Tak hanya mendorong ekspor barang, pemerintah juga akan mendorong pengiriman jasa ke Arab Saudi. Di antaranya, dengan mendorong kontraktor bangunan baik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun swasta untuk mengerjakan proyek pembangunan perumahan di Arab Saudi.

Enggar menyatakan, tahun ini PT Wijaya Karya (Wika) akan mulai membangun 8000 ribu rumah di Arab Saudi dengan nilai US$ 2 miliar. 

Grafik: Ekspor dan Impor Indonesia dengan Arab Saudi 2012-2016
Ekspor dan Impor Indonesia dengan Arab Saudi 2012-2016

Sementara, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menjelaskan, banyak potensi yang bisa dijadikan investasi bagi para pengusaha Arab Saudi di Indonesia. Sebagai negara berkembang, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan tinggi di antara negara lain anggota G-20.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement