Cerita Jokowi Pernah Pekerjakan Tenaga Asing Saat jadi Pengusaha

Image title
6 Maret 2017, 20:52
Joko Widodo KTT IORA
ANTARA FOTO/IORA Summit 2017/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat membuka acara Business Summit dalam rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/3). KTT IORA tersebut dihadiri sejumlah kepala negara dari 21 negara peserta dan tujuh negar

Sebelum terjun ke dunia politik 12 tahun lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah seorang pengusaha mebel. Ia memulai usaha kecilnya di Solo.

Ia lalu membocorkan rahasia hingga bisa ‘naik kelas’, bahkan menembus pasar ekspor. Tiga kunci keberhasilan usaha, menurutnya adalah ketepatan waktu, jaminan mutu dan harga yang kompetitif.

Advertisement

“Bagaimana usaha yang kecil itu bisa meloncat ke level yang lebih tinggi, jawabannya adalah dengan mengambil bagian dari globalisasi,” dalam Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (KTT IORA), Senin (6/3).

(Baca juga: Jokowi Ingin Perkuat Poros Maritim di Samudera Hindia)

Bahkan, sejak masih berstatus pengusaha kecil, Jokowi tak segan mempekerjakan tenaga asing. “Desainer dari Perancis kemudian masalah kualitas saya dibantu dari Jerman,” katanya.

Jokowi juga mengakui bahwa selama menjadi pengusaha dulu, ia banyak mendapat bantuan dari para diplomat Indonesia di luar negeri. “Saya mendapatkan bantuan informasi dari kedutaan-kedutaan dan konsulat, saya tahu bagaimana mengimpor mesin dan bagaimana melakukan ekspor kira-kira 30 tahun lalu.”

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement